Sunday

No 93 - Se- Pohon Pokok Berjalan Lalu Kembali ke Tempat Asalnya


Se- Pohon Pokok Berjalan Lalu Kembali ke Tempat  Asalnya.

Sepohon Pokok Berjalan Lalu Kembali ke Tempat Asalnya. Diantara mukjizat RasulullahDiantara mukjizat Rasulullah yang berhubungan dengan tanam-tanaman adalah sepohon pokok  tunduk kepada beliau. Peristiwa ini seperti yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik رضي الله عنه berkata:

Suatu ketika Jibril as datang kepada Rasulullah setelah melihat beliau duduk bersedih dengan keadaan darah mengalir kerana dipukul oleh orang kafir Quraisy.

Anas bin Malik رضي الله berkata: Lalu Jibril as berkata, "Ada apa denganmu?"

Rasulullah menjawab , " Mereka telah memperlakukanku demikian dan demikian.' Anas bin Malik رضي الله عنه berkata: lalu Jibril as berkata, "Maukah engkau aku tanda kebenaranmu?" '

Rasulullah menjawab , "  mau. " Anas bin Malik رضي الله عنه berkata: Ialu Jibril melihat ke sebuah pohon yang ada di balik lembah, dan berkata kepada beliau, "Pangillah pohon itu." lalu Rasulullah pun memanggil pokok itu.

Anas bin Malik رضي الله عنه berkata: Maka pohon tersebut pun berialan dan berdiri di hadapan beliau. lalu Jibril berkata, "Suruh ia agar kembali ke tempat asalnya."Lalu Rasulullah menyuruhnya kembali, maka ia pun kembali ke tempat asalnya. Kemudian Rasulullah berkata;

"Kini cukuplah bagiku. "Dua Pohon Saling berdempekan Kemudian Kembali ke Tempat Asalnya Masing-Masing diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah رضي الله عنه ia berkata: 

"Suatu ketika kami dalam perjalanan bersama Rasulullah kemudian beliau singgah di sebuah lembah yang gersang, lalu beliau pergi untuk qada hajat. Setelah itu aku mengikuti beliau dengan membawa sebuah bekasr berisi air, lalu beliau melihat-lihat dan tidak menemukan sesuatu yang dapat digunakan untuk menjadi pelindung. Tiba-tiba terlihat ada dua batang pohon rimbun di tepi lembah, lalu beliau pergi ke salah satunya, lantas memegang salah satu dahannya, dan bersabda, "Merunduklah engkau dengan izin Allah " .

Maka pohon tersebut pun merunduk melindungi Rasulullah seperti seekor unta yang menunduk kepada pengendaranya. Itu salah satu mukjizat Rasulullahﷺ .





2/ Hadis ini sahih;

Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dalan Al Musmd (3/113) dan lbnu

Majah dalam,4s-Sunan (no. 40281 - Al Haitsami dalam Mafim' Az-htn.iy' berltomentar, "Sanad hadits  shahih, meskipun Abu Sutnn yang berrnrna Thalhah bin Nafi' menyirnak hadis dari Jabir." ibnu Katsir (Al Bidayah, berkomentar, "Sanad hadits ini sesuai Muslim."

 

 

No.97 - Mukjizat Dahan Pohon Mendatangi Rasulullah

Dahan Pohon Mendatangi  Rasulullahﷺ   Kemudian Kembali ke Tempatnya Suatu ketika  Rasulullahﷺ    keluar menuju sebuah  perkampungan di Makka...