Thursday

No.97 - Mukjizat Dahan Pohon Mendatangi Rasulullah


Dahan Pohon Mendatangi Rasulullahﷺ Kemudian Kembali ke Tempatnya

Suatu ketika Rasulullahﷺ  keluar menuju sebuah perkampungan di Makkah, saat beliau sedang resah dan gelisah karena didustakan oleh kaumnya. lalu beliau bersabda:

" Wahai Tuhan, perlihatkanlah kepadaku bukti kebenaranku sehingga aku merasa tenang dan tidak lagi gelisah.' lalu  Allah mengwahyukan kepada beliau ?

"Panggillah kepadamu dahan pohon apa pun yang engkau kehendaki!

Maka Rasulullahﷺ  memanggil se-dahan pohon, dan dahan tersebut pun lepas dari tempatnya, kemudian jatuh ke tanah dan berjalan menuju Rasulullahﷺ , lalu beliau bersabda kepadanya:

"Kembalilah engkau ke tempat asalmu!" 

Lalu ia pun kembali ke tempat asalnya.

Setelah itu Rasulullahﷺ  segera memuji-muji  Allah dan merasa tenang, dimana orang-orang kafir Quraisy berkata kepada beliau:

"Apakah nenek moyangmu orang-orang yang sesat wahai Muhammad?" 

Maka turunlah firman Allah :

قُلْ أَفَغَيْرَ ٱللَّهِ تَأْمُرُوٓنِّىٓ أَعْبُدُ أَيُّهَا ٱلْجَـٰهِلُونَ ٦٤

"Ingatkanlah, 'Maka apakah kamu menyembah selain Allah, hai orang-orang tentang  berpengetahuan'?' "Katakanlah (wahai Muhammad, kepada orang-orang musyrik itu: "Sesudah jelas dalil-dalil keesaan Allah yang demikian), patutkah kamu menyuruh menyembah atau memuja yang lain dari Allah, hai orang-orang yang jahil?"

(Qs. Az-Zumar39: 64)

Dalam riwayat yang lain disebutkan, bahwa Rasulullahﷺ  sedang berada di Hajun, dimana beliau merasa sedih atas apa yang  diperbuat oleh orang-orang kafir Quraisy terhadap beliau. lalu beliau bersabda: 

" Ya Allah, perlihatkanlah kepadaku bukti kebenaran sehingga aku tidak lagi peduli dengan siapa yang  mendustakanku."

Setelah itu Rasulullahﷺ  diperintahkan agar memanggil sebuah pohon dari arah Aqabah. [Lalu datanglah pohon tersebut melintas bumi hingga berhenti di hadapan beliau.

Kemudian Rasulullahﷺ  memerintahkan kepada nya agar kembali ke tempat asalnya. lalu Rasulullahﷺ bersabda: 

"kini aku tidak lagi peduli dengan siap pun yang mendustakan  aku"






No.97 - Mukjizat Dahan Pohon Mendatangi Rasulullah

Dahan Pohon Mendatangi  Rasulullahﷺ   Kemudian Kembali ke Tempatnya Suatu ketika  Rasulullahﷺ    keluar menuju sebuah  perkampungan di Makka...